Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter

RUMAH KAWANLearning from change merupakan cara melihat perubahan yang melibatkan banyak pihak guna melihat, menggambarkan dan bertindak untuk perubahan.

Selama dua hari ini, Jumat-Sabtu, 5-6 November 2021, community facilitator dari Purwokencono, Kedaton dan Belitang berkumpul di Rumah Kawan untuk belajar melakukan monitoring dan evaluasi partisipatif untuk memetakan perubahan-perubahan yang terjadi di komunitas penerima manfaat program. Bukan sebagai obyek tetapi penerima manfaat ini dimaknai sebagai subyek program.

Secara umum, manfaat monitoring dan evaluasi partisipatif adalah membantu menciptakan lingkungan yang konstruktif bagi partisipasi dalam kegiatan evaluasi, memberikan kesempatan bagi kelompok sasaran untuk meyampaikan aspirasinya secara langsung, dan membantu komunitas untuk memanfaatkan hasil evaluasi yang selanjutnya dapat memperkuat tanggapan dan dukungan anggota komunitas terhadap program yang telah diimplementasikan.

Workshop ini juga diharapkan menghasilkan tim evaluator yang melibatkan komunitas, menghasilkan poin-poin pembelajaran dan refleksi atas perubahan yang terjadi, menghasilkan rekomendasi bersama dan dokumentasi perubahan itu sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*