Tue. Nov 19th, 2019

Kilas Peristiwa

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print

Pemetaan Partisipatif Desa atau yang dikenal Participatory Rural Appraisal merupakan metode yang menekankan partisipasi rakyat. Metode ini mendorong rakyat untuk melakukan analisis sendiri dan merencanakan suatu proram pembangunan sendiri berdasarkan kebutuhannya sendiri. Alat-alat yang digunakan dalam metode ini sangat sederhana, yakni dengan menggunakan apa yang ada di komunitas.

Keterlibatan perempuan merupakan bentuk dari sensitifitas gender Yabima Indonesia. Peran perempuan sangat penting dalam proses-proses pemberdayaan masyarakat. Peningkatan kapasitas para perempuan untuk berpartisipasi dalam ruang pubik dan turut serta dalam menentukan program pemberdayaan masyarakat adalah sangat strategis.

Pemetaan Peran Gender di Komunitas Desa Purwokencono

Selama ini peran petani perempuan kurang mendapat perhatian oleh para pihak. Petani peremuan merupakan pihak yang sangat rentan dalam perkembangan teknologi pertanian. Sangat mudah perannya tergeser oleh teknologi. Pendiskusian peran perempuan ini merupakan bentuk untuk merancang strategi penguatan petani perempuan dalam mendukung pertanian organik.

Peran Perempuan sebagai penggerak masyarakat. Salah satu peserta sedang mempresentasikan hasil diskusi kelompok

Praktek pengawaten pakan ternak di Varia Agung, Lampung Tengah

Pertanian yang selaras dengan alam, merupakan pertanian yang berkelanjutan. Dengan pertanian ini, petani tidak lagi mengalami kebergantungan dengan masukan-masukan dari luar, pupuk kimia

Tidak memberikan peluang dan akses yang sama terhadap  perempuan merupakan bentuk kekerasan gender. Pembangunan perdamaian dengan mengambil sudut pandang gender merupakan suatu upaya untuk melihat secara kritis  berbagai pandangan yang menempatkan perempuan di bawah laki-laki. Peran perempuan sebagai bentuk sosial masyarakat, perlu dilihat secara kritis dan mengembangkan berbagai upaya membangun kehidupan bermasyarakat yang memberikan peluang yang sama bagi perempuan maupun laki-laki

Para pemuda sedang mendiskusikan dan merancang pertemuan pemuda lintas iman untuk program pembangunan perdamaian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*