Home / Pertanian Organik / Menyemai Sukarelawan Kesehatan Hewan di Belitang

Menyemai Sukarelawan Kesehatan Hewan di Belitang

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print

Pengembangan pertanian organic dan penguatan akses agraria. Adil untuk petani dan adil untuk lingkungan hidup.

 

Yabima Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Desa Karangmanik, Belitang II, OKU Timur, Sumatera Selatan dan GKSBS Way Hitam menginisiasi Pelatihan Kader Kesehatan Hewan Ternak. Pelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 4-8 September 2018 ini diikuti oleh 27 peserta yang mewakili 8 Desa di Kecamatan Belitang II. Pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan kader-kader kesehatan hewan bagi desa atau komunitasnya masing-masing.

 

Pelatihan ini dibuka oleh Camat Belitang II, Bpk. Suwadi. “Kecamatan sangat mendukung pelatihan ini. Saya mengharapkan agar peserta pelatihan dapat mempraktekan dan mengembangankan ketrampilan ini di tengah masyarakat di desanya masing-masing, sehingga ilmu ini dapat berguna bagi banyak orang.” Ujar Bpk. Suwadi dalam sambutannya.

 

Pelatihan ini difasilitasi bersama oleh Tim Yabima Indonesia dan drh. Indrayani. Dalam salah satu sesi, beliau memfasilitasi bagaimana mendiagnosa penyakit pada hewan, dan bagaimana melakukan pengobatannya. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam pelatihan ini adalah praktek pengolahan pakan dan praktek anatomi tubuh hewan. Selain ketrampilan tersebut, para peserta juga dilengkapi ketrampilan dalam melakukan pemetaan situasi desa. Ketrampilan ini membekali mereka untuk melakukan analisis-analisis social yang dapat dipakai dalam program pemberdayaan masyarakat, dengan pintu masuk pengembangan peternakan.

 

Program yang diselenggarakan di OKU Timur, Sumatera Selatan ini merupakan bagian dari program untuk mendukung pengembangan pertanian organic dan penguatan akses agraria. Adil untuk petani dan adil untuk lingkungan hidup.

About Super Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Scroll To Top