Home / Pertanian Organik / Membangun Kesadaran dan Cara Berfikir Organis

Membangun Kesadaran dan Cara Berfikir Organis

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print

Pada tanggal 28-28 Mei 2018, Yabima Indonesia mengadakan diskusi pemberdayaan petani, khusus petani penggerak pertanian organnik, bersama dengan Komunitas Petani Mandiri (KPM) di OKU Timur, Sumatera Selatan. KPM melihat bahwa pengembangan pertanian organik merupakan pilihan strategi yang dipilih untuk memberdayakan dan memperkuat petani.

Bagi Komunitas Petani Mandiri, pertanian organik tidak hanya soal perubahan dari pertanian konvensional ke pertanian organik, tetapi lebih soal pada membangun kesadaran dan cara berpikir organis. Situasi-situasi dan kondisi yang kini dihadapi adalah petani lemah dan tidak berdaya terhadap akses-akses terhadap alat-alat produksi pertanian maupun hasil kegiatan pertanian itu sendiri. Petani lemah dalam akses terhadap kebijakan-kebijakan pertanian baik nasional maupun daerah, dan karena itu bagaimana petani terlibat dalam melahirkan kebijakan publik yang berpihak kepada petani. Pendidikan dan pengoranisasian petani menjadi isu strategis yang perlu diintevensi melalui kerja pemberdayaan-pemberdayaan.

Yabima Indonesia maupun KPM OKUT melihat ada 3 hal penting yang perlu untuk digarap bersama, yakni advokasi kebijakan publik, pendidikan dan organisasi petani yang kuat.

About Super Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Scroll To Top