01/03/2021

Pelatihan Pembukuan

2 min read
Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print

IMG_5230 Dalam sebuah organisasi ada beberapa faktor yang membuat organisasi tersebut dapat berjalan dengan baik atau tidak. salah satu faktornya adalah administrasi pembukuan karena dengan adanya pembukuan kita bisa mengetahui arus penggunaan dana yang lebih transparan dan accountable. Pengelolaan koperasi yang transparan dan accountable, serta kapasitas pengurus koperasi dalam mengelola administrasi dan pembukuan menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Pra koperasi Maju Bersama yang ada di desa Purwokencono, Kabupaten Lampung Timur adalah sebuah calon koperasi yang belum lama ini didirikan oleh beberapa orang petani di dusun 3 dan 4 desa Purwokencono. Gagasan untuk mendirikan koperasi didasari oleh keinginan beberapa petani di dusun tersebut untuk dapat meningkatkan kesejahteraan mereka melalui pertanian yang mereka kelola dengan pendanaan bersama oleh sebuah koperasi. Keterbatasan kapasitas pengurus membuat mereka merasa perlu mengembangkan diri. Beberapa pengetahuan dasar tentang koperasi terus mereka usahakan, baik melalui pelatihan maupun pendampingan oleh Yabima Indonesia.  Sementara, Koperasi serba usaha Ambon kuning adalah salah satu koperasi dampingan Yabima Indonesia yang ada di desa Margototo, Kabupaten Lampung Timur dan telah berbadan hukum. Pembukuan koperasi ini telah tersusun dengan rapih namun belum lengkap dan belum menyesuaikan dengan UU koperasi yang baru.   

IMG_5109Tanggal 2 – 3 Juli 2013 Yabima Indonesia mengadakan Pelatihan Pembukuan untuk Pengurus dan Juru buku Pra Koperasi Simpan Pinjam Maju Bersama di Kantor Yabima Indonesia yang difasilitasi oleh Fintria Hermawati, S.Si.,S.Pd (Yabima Indonesia). Tujuan pelatihan ini adalah (1) Juru buku koperasi paham dan terampil menyelenggarakan pembukuan; 2) Pengurus koperasi paham dan dapat membaca/menganalisa laporan keuangan. Pelatihan ini diikuti 6 orang peserta yang terdiri dari 3 orang pengurus dan 2 orang Juru buku pra koperasi simpam pinjam “Maju Bersama”  serta 1 orang pengurus koperasi serba usaha “Ambon Kuning”.  Proses pelatihan secara keseluruhan adalah (1) Melihat kebutuhan dasar pengurus koperasi dalam pengelolaan pembukuan, peserta menyampaikan proses berjalannya pembukuan selama ini. (2) Melatih pengurus dan juru buku koperasi untuk membaca/menganalisa laporan keuangan seperti membaca laporan arus kas, membaca perhitungan hasil usaha, membaca neraca, dan menganalisa kecenderungan dari laporan perhitungan hasil usaha dan neraca. (3) Melatih juru buku koperasi untuk melaksanakan pembukuan dengan menggunakan contoh-contoh soal yang relevan seperti membuat kas harian, membuat daftar pinjaman dan Kartu Simpanan dan Pinjaman Anggota (KSPA), membuat daftar uang masuk (DUM), membuat daftar uang keluar (DUK), dan membuat laporan arus kas. Harapan setelah dilakukannya pelatihan pembukuan ini, (1) Pengelolaan keuangan koperasi transparan dan accountable; (2) Penyelenggaraan administrasi dan pembukuan koperasi berjalan dengan teratur, disiplin, lengkap, tertib, akurat, dan tepat waktu; (3) Pengurus mampu mengontrol proses penyelenggraan administrasi dan pembukuan dengan efektif. Rencana tindak lanjut yang akan dilakukan adalah (1) Pengurus dan juru buku pra koperasi simpan pinjam Maju Bersama mulai mengerjakan/menyusun pembukuan koperasi dengan tertib, (2) Pengurus koperasi serba usaha Ambon kuning dapat memperbaiki pembukuan dan mengkonversi ke bentuk pembukuan yang baru sesuai dengan UU koperasi no.17 tahun 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*