Home / Pertanian Organik / Sertifikasi Organik Sudah Di Depan Mata

Sertifikasi Organik Sudah Di Depan Mata

Silahkan dibagikanShare on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page

Setelah lebih dari 2 tahun petani padi organik Kelp. Multi Baliwo Purwokencono Lam-Tim memperjuangkan adanya pengakuan “label” organik dari lembaga sertifikasi, akhirnya pada 08 Ags 2017 kelompok ini mendapat kunjungan dari INOFICE-Bogor untuk verifikasi faktual dan data terhadap 14 petani organik dengan luasan sawah 8,9 ha.

INOFICE adalah salah satu LSO (Lembaga Sertifikasi Organik) yang ditunjuk oleh pemerintah untuk dapat memproses sertifikasi di Purwokencono. Dalam verifikasi data dan survey lahan ini, INOFICE mengutus Bpk. Candra Kirana dan Bpk. Rizky Slamet. Sementara Dinas Pertanian Propinsi Lampung diwakili oleh Ibu Susi Yulianti.

“Verifikasi dan survey lahan sudah dilakukan, satu sampai dua bulan kedepan sambil memperlengkapi dokumen yang kurang, dipastikan Sertifikat dari LSO INOFICE akan turun. Soal berapa luasan yang lolos semua tergantung dengan mekanisme yang ada di LSO INOFICE tersebut.” Ujar Pinarno Adi, Program Oficer Yabima Indonesia yang selama ini mendampingi Kelp. Multi Baliwo.

Sertifikat organik diperlukan dalam rangka meyakinkan publik tentang produk beras organik yang selama ini sudah diproduksi oleh Kelp. Multi Baliwo sejak tahun 2010. Sertifikat Organik selama ini kerap menjadi pertanyaan konsumen, dan tidak dipungkiri bahwa ini merupakan salah satu wujud penghargaan atas produk petani.

Silahkan dibagikanShare on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page

About Super Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Scroll To Top