Home / Pertanian Organik / Pelatihan Gizi dan Pakan Ternak, dan Pengawetan Pakan Ternak Ruminansia

Pelatihan Gizi dan Pakan Ternak, dan Pengawetan Pakan Ternak Ruminansia

Silahkan dibagikanShare on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page

Hasil Praktek

Sektor peternakan merupakan bagian penting dari sebuah usaha pertanian, begitu juga sebaliknya usaha peternakan tidak dapat dipisahkan dari sektor pertanian, keduanya saling menunjang. Limbah ternak berupa kotoran dan urine dapat dimanfaatkan untuk pupuk dalam usaha pertanian, dan limbah pertanian ( jerami, tebon jagung, jenjet jagung, dedak, kulit coklat, dll ) dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

Hal tersebut diatas disadari oleh anggota kelompok Multi Baliwo yang terletak di Purwo IV Desa Purwokencono, Kecamatan Sekampung Udik, Kab Lampung Timur yang merupakan daerah register 38 Gunung Balak, dan merupakan salah satu wilayah tersubur di Kabupaten Lampung Timur.

Proses Pelatihan

Didesa Purwokencono rata-rata penduduk desa memelihara ternak, baik ternak kecil dan ternak besar. Selama ini banyak limbah pertanian yang dapat diberikan untuk pakan ternak mereka tetapi belum termanfaatkan secara optimal sehingga banyak limbah pertanian yang terbuang sia-sia. Kelompok tani Multi Baliwo ini akhirnya menghubungi Yabima Indonesia agar bisa memfasilitasi dalam pembuatan dan pengawetan pakan ternak, termasuk pelatihan tentang gizi untuk ternak.

Fermentasi rumput gajah

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2017, diikuti oleh 12 orang anggota kelompok petani peternak di kelompok Multi Baliwo. Salah satu anggota peternak, bapak Jiman mengatakan pada saat proses pelatihan; “ternyata banyak sekali limbah pertanian yang bisa dimanfaatkan. Jadi seharusnya kami tidak perlu ngarit (mencari rumput pakan) lagi setiap hari”. Dalam proses sekali mengawetkan pakan ini bisa dipakai untuk 2 – 4  bulan ke depan. Sehingga peternak bisa memenfaatkan waktu ngarit untuk usaha produktif yang lain.

Fermentasi kulit kakao

Mereka sangat antusias pada saat praktek Pengawetan Pakan Ternak ( mengawetkan hijauan pakan(silase), fermentasi kulit kakao dan juga fermentasi jenjet jagung)

Pelatihan diakhiri pada pukul 16.00 dengan RTL pada saat panen jagung atau pada padi mereka akan mulai mengawetkan jerami, tebon jagung, dan jenjet jagung untuk pakan ternak.

Fermentasi kulit jagung

Silahkan dibagikanShare on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page

About Super Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Scroll To Top