Home / Koperasi / Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi-Koperasi Dampingan YABIMA

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi-Koperasi Dampingan YABIMA

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print

Mengacu pada Undang-Undang Koperasi Nomor 25 Tahun 1992 , dimana Fungsi Rapat Anggota Tahunan (RAT) adalah :

  1. RAT adalah forum tertinggi dalam koperasi
  2. Memberi tanggapan dan mengevaluasi Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas
  3. Mengusulkan dan memberi saran perbaikan Program Kerja Pengurus dan Pengawas untuk tahun berikutnya
  4. Menyetujui dan Mengesahkan Laporan pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas  tahun lalu dan Program Kerja Pengurus dan Pengawas Tahun berikutnya.

 

Koperasi Serba Usaha (KSU) Margo Mukti

RAT Koperasi Margo Mukti

Koperasi ini berdiri pada tahun 2012, dengan Ketua Pengurus (Bp. Budi Utomo) dan Koordinator Pengawas ( Bp.Suko Maryono ) , resmi memiliki Badan Hukum pada tahun 2014 dengan Nomor BH: 22/BH/X.2/XII/2014, dan telah mendapatkan Nomor Induk Koperasi ( NIK ) dari Kementrian Koperasi Pusat.  Koperasi Margo Mukti beralamat di Kampung Rama Nirwana, Kecamatan Seputih Raman, Kab Lampung Tengah, dengan jumlah anggota 38 orang ( 22 orang laki-laki dan 16 orang perempuan).

Pada tangggal 10 Maret 2017 Koperasi ini melaksanakan RAT  ke- III setelah koperasi ini resmi memiliki Badan Hukum, RAT kali ini diihadiri oleh 25 orang anggota, Yabima Indonesia ( Pendamping), Aparat Desa, dan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lampung Tengah ( Pembina) , Sampai dengan RAT ke-III ini Koperasi Margo Mukti mengelola dana sebesar Rp.70.035.504, yang berasal dari dana milik anggota.

Beberapa program  yang telah dilaksanakan selama tahun 2016 adalah : Pinjaman ( sistem bulanan dan musiman ), Pinjaman sembako untuk hari raya ( Idul Fitri dan Natal ),Pendidikan dan Pelatihan ( Yabima Indonesia dan Dinas Koperasi dan UKM Kab.Lampung Tengah) baik yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas Pengawas dan pengurus maupun anggota.

Beberapa Program tambahan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 adalah :

  1. Simpanan pendidikan ( u jangka waktu 1 th s,d 4 th )
  2. Warung Sembako untuk minimal 5 jenis kebutuhan sembako anggota
  3. Simpanan Berjangka ( Jangka waktu 1 th s.d 2 th )
  4. Pembuaatan leaflet ttg Produk-produk simpanan dan Pinjaman di Koperasi
  5. sistem komputerisasi keuangan
  6. Cetak buku anggota ( Simpanan dan Pinjaman )
  7. Mengajukan proposal kerjasama kepada para pihak u penambahan modal koperasi

 

Koperasi Serba Usaha (KSU) Mitra Mandiri

Koperasi ini berdiri pada tahun 2014, dengan Ketua Pengurus (Bp. Subandi Equan) dan Koordinator Pengawas ( Bp.Made Sukarta ), resmi memiliki Badan Hukum pada tahun 2014 dengan Nomor BH: 02/BH/X.7/XI/201, Koperasi Mitra Mandiri beralamat Desa Purwokencono, Kecamatan Sekampung Udik, Kab Lampung Timur, dengan jumlah anggota 48 orang ( 44 orang laki-laki dan 4 orang perempuan).

Pada tangggal 29 Maret 2017 Koperasi ini melaksanakan RAT  ke – II setelah koperasi ini resmi memiliki Badan Hukum, RAT kali ini diihadiri oleh 35 orang anggota, Yabima Indonesia ( Pendamping), Aparat Desa, dan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lampung Timur dan Dekopinda Lampung Timur ( Pembina) , Sampai dengan RAT ke-II ini Koperasi Mitra Mandiri mengelola dana sebesar Rp.28.796.500, yang berasal dari dana milik anggota.

Beberapa program  yang telah dilaksanakan selama tahun 2016 adalah : Pinjaman ( sistem bulanan dan musiman ), Pinjaman untuk pembelian barang, Pendidikan dan Pelatihan ( Yabima Indonesia dan Dekopinda Kab.Lampung Timur)  baik yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas Pengawas dan pengurus maupun anggota.

Beberapa Program tambahan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 adalah :

  1. Simpanan pendidikan ( u jangka waktu simpanan 1 th s.d 4 th )
  2. Simpanan Berjangka ( Jangka waktu simpanan 1 th s.d 2 th )
  3. Simpanan Hari Raya ( Simpanan ini hanya bisa diambil menjelang hari raya dengan mendapatkan bonus simpanan sesuai dengan besarnya simpanan)
  4. Simpanan Bangunan ( dengan jangka waktu simpan minimal 6 bulan dengan jasa simpan 1%/bulan)
  5. Pengadaan kantor Koperasi untuk pelayanan kas serta sarana dan prasarana kantor
  6. Pembuaatan leaflet ttg Produk-produk simpanan dan Pinjaman di Koperasi.
  7. Pembelian sistem komputerisasi keuangan
  8. Cetak buku anggota ( Simpanan dan Pinjaman )
  9. Mengajukan proposal kerjasama kepada para pihak u penambahan modal koperasi

 

Koperasi Serba Usaha Karya Mandir Purwokencono

 

RAT Koperasi Karya Mandir Desa Purwokencono

Koperasi ini berdiri pada tahun 2014, dengan Ketua Pengurus (Bp. Supomo ) dan Koordinator Pengawas ( Bp.Suroto ), resmi memiliki Badan Hukum pada tahun 2014 dengan Nomor BH: 01/BH/X.7/XI/2015, Koperasi Karya Mandiri Purwo beralamat Desa Purwokencono, Kecamatan Sekampung Udik, Kab Lampung Timur, dengan jumlah anggota 30 orang ( 26 orang laki-laki dan 4 orang perempuan).

Pada tangggal 29 Maret 2017 Koperasi ini melaksanakan RAT  ke – II setelah koperasi ini resmi memiliki Badan Hukum, RAT kali ini diihadiri oleh 18 orang anggota, Yabima Indonesia ( Pendamping), Aparat Desa, dan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lampung Timur dan Dekopinda Lampung Timur ( Pembina) , Sampai dengan RAT ke-II ini Koperasi Karya Mandiri Purwo  mengelola dana sebesar Rp.33.782.134. yang berasal dari dana milik anggota.

Beberapa program  yang telah dilaksanakan selama tahun 2016 adalah : Pinjaman ( sistem bulanan dan musiman ), Pendidikan dan Pelatihan ( Yabima Indonesia dan Dekopinda Kab.Lampung Timur)  baik yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas Pengawas dan pengurus maupun anggota.

Beberapa Program tambahan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 adalah :

  1. Simpanan pendidikan ( u jangka waktu simpanan 1 th s.d 4 th )
  2. Simpanan Berjangka ( Jangka waktu simpanan 1 th s.d 2 th )
  3. Simpanan Hari Raya ( Simpanan ini hanya bisa diambil menjelang hari raya dengan mendapatkan bonus simpanan sesuai dengan besarnya simpanan)
  4. Pembuaatan leaflet ttg Produk-produk simpanan dan Pinjaman di Koperasi.
  5. Pembelian Komputer dan Printer
  6. Mengajukan proposal kerjasama kepada para pihak u penambahan modal koperasi

 

Koperasi Simpan Pinjam Bina Wana Sejahtera Bersama

 

RAT Koperasi Bina Wana Sejahtera

Pra Koperasi ini berdiri pada tahun 2003, Pada Tahun 2016 Resmi mendaftarkan Pengajuan Badan Hukum ke Kementrian Koperasi Pusat dengan Ketua Pengurus (Bp. Dwi Rudi Handoko) dan Koordinator Pengawas ( Bp.Edy Nagatiman ),  dan resmi memiliki Badan Hukum pada tahun 2017 dengan Nomor BH : 003640/BH/M.KUKM.2/III/2017, Koperasi Bina Wana Sejahtera Bersama beralamat Desa Wonosari, Kecamatan Pekalongan, Kab Lampung Timur, dengan jumlah anggota 38 orang ( 29 orang laki-laki dan 9 orang perempuan).

Pada tangggal 30 Maret 2017 Koperasi ini melaksanakan RAT  ke – I,  RAT kali ini diihadiri oleh 18 orang anggota, Yabima Indonesia ( Pendamping), Aparat Desa , Sampai dengan RAT ke-II ini Koperasi BWSB mengelola dana sebesar Rp.237.000.000 yang berasal dari dana milik anggota.

Beberapa program  yang telah dilaksanakan selama tahun 2016 adalah : Pinjaman ( sistem bulanan dan musiman ),  Pendidikan dan Pelatihan ( Yabima Indonesia dan Dekopinda Kab.Lampung Timur)  baik yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas Pengawas dan pengurus maupun anggota.

Beberapa Program tambahan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 adalah :

  1. Perubahan besarnya jasa pinjam untuk Pinjaman Bulanan dan Musiman
  2. Simpanan Berjangka ( Jangka waktu simpanan 1 th s.d 2 th )
  3. Simpanan Hari Raya ( Simpanan ini hanya bisa diambil menjelang hari raya dengan mendapatkan bonus simpanan sesuai dengan besarnya simpanan.
  4. Pengadaan kantor Koperasi untuk pelayanan kas serta sarana dan prasarana kantor
  5. Pembuaatan leaflet ttg Produk-produk simpanan dan Pinjaman di Koperasi.
  6. Pembelian sistem Komputerisasi keuangan
  7. Cetak Buku Anggota ( untuk buku simpanan dan pinjaman)

 

Pra Koperasi Bima Sejahtera Mandiri

Koperasi ini berdiri pada tahun 2014, dengan Ketua Pengurus (Ester Lestariningsih ) dan Koordinator Pengawas ( Pinarno Adi ), Koperasi Bima Sejahtera Mandiri beralamat di Jl. Yos Sudarso 15 Polos, Kota Metro dengan jumlah anggota 50 orang ( 27 orang laki-laki dan 23 orang perempuan).

Pada tangggal 12 april 2017 Koperasi ini melaksanakan RAT  ke – II ,  RAT kali ini diihadiri oleh 26 orang anggota, Yabima Indonesia ( Pendamping),  , Sampai dengan RAT ke-II ini Koperasi Bima Sejahtera Mandiri  mengelola dana sebesar Rp.47.995.620. yang berasal dari dana milik anggota.

Beberapa program  yang telah dilaksanakan selama tahun 2016 adalah : Pinjaman ( sistem bulanan dan musiman ),Pinjaman pembelian barang,  Pendidikan dan Pelatihan ( sistem Komputerisasi Keuangan Armadillo ), Pembelian Printer, Cetak buku anggota, Pembelian sistem Komputerisasi keuangan ( armadillo ).

Pada tahun 2016 telah memberikan pinjaman kepada 24 orang anggota, dengan total pinjaman beredar sebesar Rp.81.000.000

Beberapa Program tambahan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 adalah :

  1. Pengajuan Badan Hukum Koperasi Primer Propinsi ke Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Lampung
  2. Simpanan Berjangka ( Jangka waktu simpanan 1 th s.d 2 th )
  3. Pembuaatan leaflet ttg Produk-produk simpanan dan Pinjaman di Koperasi.
  4. Pelatihan Manajemen Koperasi di Armadillo ( Malang Jawa Timur )
  5. Mengajukan proposal kerjasama kepada para pihak u penambahan modal koperasi

 

Silahkan dibagikanShare on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Email this to someone
email
Print this page
Print

About Super Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Scroll To Top