Home / Koperasi / Pelatihan Dasar Koperasi di Buay Madang

Pelatihan Dasar Koperasi di Buay Madang

Silahkan dibagikanShare on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page

IMG_2318bKoperasi merupakan lembaga dimana orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama berkumpul untuk meningkatkan kesejahteraanya. Konsep yang demikian mendudukan Koperasi sebagai badan usaha yang cukup strategis bagi anggotanya dalam mencapai tujuan – tujuan ekonomis yang pada giliranya berdampak kepada masyarakat secara luas . Karena itu bagaimana memerankan koperasi sebagai lembaga ekonomi petani dan penguatan agribisnis di dalam ekonomi pasar sangatlah diperlukan.

Dan berangkat dari hal tersebut maka Sinode GKSBS  bekerjasama dengan Yabima Indonesia memandang bahwa program Koperasi adalah salah satu isu strategis dalam mengelola modal sosial dijemaat  untuk mengembangkan keswadayaan  dan lembaga keuangan lokal  secara lebih baik dan profesional, transparan dan akuntable.  Oleh karenanya pada tanggal 27 Juni 2016 yang lalu Yabima Indonesia bekerjasama dengan GKSBS Klasis Buay Madang, Kab. Ogan Kemering Ulu Timur (OKUT), Sumsel mengadakan pelatihan dasar-dasar koperasi.  Pelatihan tersebut diikuti oleh lebih dari 20 orang, baik yang sudah dan masih aktif di koperasi, maupun yang baru.

Tujuan dari pelatihan tersebut adalah diharapkan para peserta mengenal akan administrasi umum dan administrasi Keuangan Koperasi, tahu akan organisasi koperasi, tahu akan fungsi dan manfaat koperasi, tahu akan jenis-jenis koperasi, tahu soal syarat-syarat pendirian koperasi, dan tahu tentang Undang-Undang Koperasi No. 25 Tahun 1992.

Setelah selesai pelatihan, para peserta menyambut baik dan merasa sangat baik dan penting pengetahuan yang di dapat.  Dan merasa penting untuk membuat dan menata koperasi yang sudah ada menjadi lebih baik.  Pak Kodim, MPK Buay Madang sangat antusias dan menyambut positif akan kegiatan tersebut, terlebih bagi gereja yang semakin tahu bahwa gereja punya Yabima Indonesia yang sudah banyak melayani dalam berbagai bidang, dan saat ini bisa semakin deket dan tahu dengan Yabima.  Sementara Pak Turiman, selaku MPH GKSBS Sri Katon, ingin melihat ada perubahan lebih baik, akan belajar yang lebih baik dan perlu dibiasakan hal-hal baik.

 

Silahkan dibagikanShare on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someonePrint this page

About Super Administrator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Scroll To Top